Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Di Jogja Bareng Keluarga

Alif Transport Rental Mobil Jogja – Yogyakarta tak hanya menawarkan keramaian di kotanya saja. Namun, banyak tempat wisata lain yang bisa kalian kunjungi bersama dengan kawan traveling kalian. Disamping kalian harus mengunjungi tempat wisata baru, kalian juga harus nyoba ke tempat wisata yang memang biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kebanyakan dari mereka akan mengunjungi tempat tempat wajib berikut ini, yang mungkin bisa jadi alternative untuk kalian memilih destinasi wisata di kota Yogyakarta :

1. Malioboro

Jalan ini merupakan jalan yang wajib dikunjungi oleh orang yang datang ke jogja, baik yang berwisata maupun mengunjungi keluarganya yang ada di jogja. Mereka pasti akan menyempatkan diri untuk datang ke tempat tersebut. Karena tempat tersebut merupakan ruang public, maka jika wisatawan datang mereka tak perlu membayar tiap mereka berkunjung kesana. Wisatawan yang berkunjung ke malioboro kebanyakan datang pada waktu sore. Kenapa begitu, karena mereka datang selain menikmati keramaian jogja, mereka akan menikmati keindahan dan eksoteisme destinasi wisata berkesan ini. Selain itu malioboro juga dikenal sebagai tempat berburu oleh-oleh khas di Jogjakarta.

2. Keraton Yogyakarta

Destinasi wajib selanjutnya adalah keraton Yogyakarta. Kenapa harus mengunjunginya?? Karena tempat ini merupakan istana dan hingga saat ini masih menjadi hunian keluarga kerajaan. Keraton juga digolongkan sebagai salah satu situs bersejarah yang menyimpan banyak kisah dari masa lampau. Untuk dapat menikmatinya, hanya membahar karcis seharga Rp7.000,00. Setiap hari karaton membuka pintu untuk wisatawan dari jam 9 pagi hingga siang pukul 2. Lokasi ini sangat strategis, yaitu lebih tepatnya di jalan Rotowijayan Blok No.1 Panembahan, Kraton. Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat tersebut. Akan lebih mengasyikkan lagi jika untuk menujunya menggunakan becak atau delman dari malioboro atau tempat lain yang meyediakan transportasi tersebut.

3. Taman Sari

Tamansari Ngayogyakarta) adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

4. Alun-alun Jogja

Yogyakarta memiliki dua alun-alun, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Banyak yang mengunjungi tempat tersebut. Dua alun-alun tersebut adalah alun-alun utara dan alun-alun selatan. Alun-alun Utara merupakan tempat berkumpul bagi masyarakat yang mempunyai watak ribut maka alun-alun Selatan berfungsi sebagai penyeimbang watak tesebut. Jika Alun-alun Kidul Yogyakarta dikenal dengan nama Alkid diyakini sebagai tempat istirahat (palereman) bagi para Dewa. Oleh karena itu alun-alun tersebut sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat ngleremke ati atau menentramkan hati banyak orang. Pada masa lalu, Alun-alun kidul yogyakarta ini banyak digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton.

5. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi waktu itu. Tugu sebelumnya yang bernama Tugu Golong-Gilig dibangun oleh Hamengkubawono 1, pendiri Keraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan Gunung Merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.

Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek pariwisata Yogya, dan sering dikenal dengan istilah “tugu pal putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, tugu ini, dan Jalan A.M. Sangadji akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung Merapi.

 

Tempat-tempat tersebut yang disebutkan tadi merupakan tempat yang bisa kalian kunjungi bersama dengan keluarga dan tempat tersebut berada di tengah kota. Jadi dengan mudahnya kalian bisa kunjungi bersama dengan rombongan keluarga maupun rombongan rekan-rekan dan sahabat kalian. Jika kalian masih memiliki kendala seperti akomodasi yang nantinya akan digunakan untuk berkeliling mengunjungi tempat tesebut, maka kalian bisa memilih kendaraan umum. Namun, jika kalian menggunakan kendaraan umum, kalian akan kesusahan jika bersama dengan keluarga besar kalian. Tak semua keluarga akan masuk kedalam satu kendaraan. Sebab jika menggunakan kendaraan umum tempat akan terbatas, terlebih jika kalian datang ke jogja saat masa liburan atau akhir pekan. Akan lebih efektif jika kalian sewa elf di jogja untuk mengangkut semua orang yang mengikuti liburan. Jika ingin dengan harga yang special, kalian bisa menghubungi kami untuk menyewa elf. Kami akan memberikan tarif sewa mobil elf. Karena kebanyakan orang mencari sewa mobil elf murah, kami memberikan tarif sewa mobil elf yang terjangkau untuk anda. Yang cocok untuk kalian yang mencari sewa mobil murah, untuk harga sewa mobil elf yang kami sediakan silahkan melihat daftar harga berikut ini [klik disini]


Hubungi Kami DI SINI!


Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *